Implementasi Website Sistem Pemasaran Digital Berbasis Customer Relationship Management (CRM) Pada UMKM Tenun Jaya

Authors

  • Anggi Nurrohim STMIK Jakarta STI&K
  • Ire Puspa Wardhani STMIK Jakarta STI&K
  • Rozi STMIK Jakarta STI&K

Keywords:

Sistem Pemasaran Digital, Website, CRM, UMKM

Abstract

Dalam era globalisasi ini, tingkat penggunaan teknologi semakin lama semakin meningkat. Begitu juga dengan tingkat penggunaan internet. Dalam beberapa waktu terakhir ini, begitu merebaknya media internet dimana - mana, khususnya di Indonesia. Internet tidak hanya berpengaruh pada aktifitas penduduk sehari-hari tapi juga berpengaruh pada aktivitas bisnis. Kehadiran internet telah memperkokoh keyakinan akan pentingnya peranan teknologi dalam pencapaian tujuan finansial perusahaan melalui modifikasi dan efesiensi proses bisnis, yaitu dengan memanfaatkan Pemasaran Digital. Penelitian ini bertujuan membuat Sistem Pemasaran Digital berbasis website dengan pendekatan Customer Relationship Management (CRM).  untuk mempermudah pencatatan penjualan secara akurat pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Tenun Jaya, Membantu penjual untuk memberi informasi produk, dan meningkatkan pelayanan  pelanggan. Hasil penelitian ini berupa aplikasi sistem berbasis web dengan fitur-fitur yang user friendly dan mudah digunakan sebagai media promosi produk-produk pakaian untuk meningkatkan daya jual terhadap pelanggan. Sistem Pemasaran digital berbasis Website dengan pendekatan CRM dibangun dengan HTML, PHP, MySQL sebagai basis data, Visual Studio Code Sebagai editor.

Downloads

Published

2024-07-22

How to Cite

Anggi Nurrohim, Ire Puspa Wardhani, & Rozi. (2024). Implementasi Website Sistem Pemasaran Digital Berbasis Customer Relationship Management (CRM) Pada UMKM Tenun Jaya. Jurnal SIKOMTEK, 14(2), 128–141. Retrieved from https://sikomtek.jakstik.ac.id/index.php/jurnalsikomtek/article/view/62