Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Tiket Bus Menggunakan Model Incremental Berbasis Web (Studi Kasus Di PO. Sindoro Satriamas)

Authors

  • Irfan STMIK Jakarta STI&K
  • Yudi Irawan Chandra STMIK Jakarta STI&K
  • Diyah Ruri Irawati STMIK Jakarta STI&K

Keywords:

Pemesanan tiket, Model Incremental, Web

Abstract

Kehadiran teknologi komputer dengan kekuatan prosesnya telah memungkinkan pengembangan sistem informasi manajemen berbasis komputer. Oleh karena itu Sistem Pemesanan Tiket Bus Berbasis Android dan Website sangat dibutuhkan untuk mempermudah dan mempercepat dalam hal pemesanan tiket bus serta pengolahan data yang di tangani oleh admin pada PO. Sindoro Satriamas. Adapun manfaat dari pembuatan sistem informasi diantaranya memudahkan calon penumpang untuk melakukan proses pemesanan secara online, memudahkan admin untuk proses pengolahan data penumpang dan data tersimpan secara komputerisasi dalam sistem informasi. Dalam penelitian ini metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall dengan tools perancangan Unified Modelling Language (UML) yaitu use case diagram, class diagram dan sequence diagram. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Hypertext Preprocessor (PHP) dan My Structure Query Language (MySQL) sebagai database. Pembuatan Sistem Pemesanan Tiket Bus Berbasis Android dan Website pada PO. Sindoro Satriamas menghasilkan sebuah Sistem Pemesanan Tiket Bus Berbasis Android dan Website yang mampu memproses pemesanan tiket bus menjadi lebih mudah dan lebih cepat dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja serta memberikan kemudahan bagi admin dalam mendapatkan data lengkap mengenai data penumpang yang melakukan pemesanan.

Downloads

Published

2023-07-27

How to Cite

Irfan, Irawan Chandra, Y., & Ruri Irawati, D. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Tiket Bus Menggunakan Model Incremental Berbasis Web (Studi Kasus Di PO. Sindoro Satriamas) . Jurnal SIKOMTEK, 13(02), 14–19. Retrieved from https://sikomtek.jakstik.ac.id/index.php/jurnalsikomtek/article/view/40