Aplikasi Promosi Dan Pemesanan Biji Kopi Khas Indonesia Pada Kini Coffee Berbasis Website

Authors

  • Irfan STMIK Jakarta STI&K
  • Neneng Mariana STMIK Jakarta STI&K
  • Arie Ristianto STMIK Jakarta STI&K

Abstract

Indonesia merupakan negara produsen kopi keempat terbesar dunia setelah Brazil,Vietnam dan Columbia. Dari total produksi, sekitar 67% kopinya diekspor sedangkan sisanya (33%) untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Tingkat konsumsi kopi dalam negeri berdasarkan hasil survei LPEM UI tahun 1989 adalah sebesar 500gram/kapita/tahun. Dewasa ini kalangan pengusaha kopi memperkirakan tingkat konsumsi kopi di Indonesia telah mencapai 800gram/kapita/tahun. Dengan demikian dalam kurun waktu 20 tahun peningkatan konsumsi kopi telah mencapai 300gram/kapita/tahun [1].Selama ini banyak pengusaha biji kopi hanya menawarkan produknya melalui opini konsumen. Sehingga hal itu menjadi batasan dalam memperluas jangkauan kepada konsumen. Sedangkan teknologi kini berkembang dengan pesat dan hampir 50% penduduk Indonesia telah terkoneksi dengan internet [2]. Tujuan dari peneitian ini adalah untuk mempermudah Kini Coffee melakukan promosi biji kopi khas Indonesia kepada para konsumen, serta memberikan informasi tentang penyeduhan biji kopi kepada khalayak umum. Berdasarkan hasil pegujian dengan browser yang berbeda maka  browser Google Chrome merupakan browser yang di rekomendasikan untuk menjalankan Aplikasi ini.

Downloads

Published

2022-07-25

How to Cite

Irfan, Mariana, N., & Arie Ristianto. (2022). Aplikasi Promosi Dan Pemesanan Biji Kopi Khas Indonesia Pada Kini Coffee Berbasis Website. Jurnal SIKOMTEK, 12(2), 15–19. Retrieved from https://sikomtek.jakstik.ac.id/index.php/jurnalsikomtek/article/view/19