PENERAPAN PERANGKAT LUNAK UNITY DALAM PENGEMBANGAN APLIKASI GAME DUA DIMENSI BERBASIS ANDROID

Authors

  • Mohamad Saefudin STMIK Jakart STI&K
  • Sudjiran STMIK Jakarta STI&K
  • Soegijanto STMIK Jakarta STI&K

Keywords:

Game, 2D, Android, Unity, Anak-anak

Abstract

Game atau permainan adalah suatu bentuk hiburan bagi anak-anak atau orang dewasa dari berbagai kalangan. Semakin banyaknya pengguna smartphone khususnya smartphone android dalam aktivitas sehari-harinya membuat game android menjadi sangat populer di masyarakat saat ini. Berawal dari keadaan tersebut, penulis mencoba membuat sebuah game bergenre arkade berbasis android. Game ini bisa dijadikan sebagai melepas kepenatan dengan cara mengisi waktu luang hanya dengan bermain game dan sebagai penyemangat berdirinya developer game lokal yang jumlahnya relatif kecil dibandingkan developer game asing. Perancangan game dirancang penggambaran karakter, latar belakang menggunakan Adobe Photoshop CC. Deskripsi elemen pendukung dari game yang telah selesai kemudian diterapkan ke Unity game engine dan dibangun menggunakan bahasa pemrograman C. Peneliti yang dilakukan bermaksud untuk membangun game platform android menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle). Penelitian yang dilakukan berupa pengembangan aplikasi permainan dengan nama Go Jump dalam tampilan 2D berbasis android. Go Jump adalah permainan di mana pemain harus selalu mengontrol dengan mengetuk layar untuk melihat ketinggian agar dapat menyeberang sebanyak mungkin melalui celah di antara dua pipa yang selalu muncul.

Downloads

Published

2023-02-04

How to Cite

Saefudin, M., Sudjiran, & Soegijanto. (2023). PENERAPAN PERANGKAT LUNAK UNITY DALAM PENGEMBANGAN APLIKASI GAME DUA DIMENSI BERBASIS ANDROID. Jurnal SIKOMTEK, 13(1), 9–16. Retrieved from https://sikomtek.jakstik.ac.id/index.php/jurnalsikomtek/article/view/28